Thursday, May 4, 2017

Cara Mengatasi leptop lambat karena Hardisk

Selain masalah bad sector, penyebab hardisk komputer lambat dapat terjadi seperti di jelaskan berikut ini.

1.Ukuran Memori RAM Terlalu Kecil

Jika komputer sering di gunakan untuk menjalankan apliksai berat atau membuka banyak program secara bersamaan sementara ukuran RAM kecil saja katakanlah 2 GB, maka otomatis hardisk anda akan di gunakan sebagai virtual memori yang membuat hardisk bekerja sangat lambat karena cara kerja memori RAM sangat berbeda dengan memori hardisk.
Untuk itu, jika kamu ingin hardisk bekerja lebih cepat, pakai jugalah memori RAM yang cukup besar guna mendukung kekuatan processor saat menjalankan aplikasi secara bersamaan.

2.Hardisk Tidak Di Maintenance

penyebab hardisk komputer kambat1
Berikutnya penyebab lambatnya kinerja hardisk dapat di sebabkan tidak adanya maintenance secara berkala seperti melakukan defragment, cleanup dan sebagainya.
Perlu kita ketahui file di dalam hardisk berupa cluster, yang seharusnya di susun atau di rapikan secara berkala agar dapat bekerja dengan cepat.

3.Malware

Malware jelas bisa memepengaruhi atau bahkan merusak kinerja hardisk. Komputer yang terinfeksi malware biasanya akan mendapatkan pc/laptopnya berjalan sangat lambat.

4.Kapasitas Hardisk Low Space

penyebab hardisk komputer kambat
Hardisk dengan status low space baik itu di sebabkan virus atau memang hardisk sudah terisi full oleh berbagai data akan membuat hardisk komputer menjadi lambat atau  bahkan error.
Untuk itu, aturlah file anda dan hapus data-data yang tidak penting, untuk mengindari malware atau virus, silahkan install anti virus terbaru.
Baca juga:

5.Suhu Panas

Hardisk yang bekerja maksimal atau lebih berat dari biasanya, baik itu pada saat menginstal software, menjalankan aplikasi multitasking bisa membuat hardisk mengeluarkan suara berisik dan membuat hardisk berjalan lambat.
Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan tambahkan kipas atau cooling fan agar perangkat keras hardisk tetap dalam keadaan normal.

No comments: