Sunday, April 30, 2017

Cara MudahMemperbaiki Webcam Laptop yang Mati


Diagnosa Driver Imaging Devices

Untuk mengetahui penyebab webcam laptop rusak sebenarnya kita bisa diagnosa sendiri melalui program utility bawaan windows yaitu Device Manager. Berikut tahapannya:
  1. Tekan tombol Start + R dan ketik “devmgmt.msc”. Setelah itu cari driver webcam yang bersangkutan biasanya “Imaging devices”.
  2. Jika Imaging devices tidak terlihat, jangan lupa klik menu “View” dan klik “Show hidden devices”. Dengan begini semua driver windows akan ditampilkan termasuk imaging devices.
  3. Setelah kelihatan, klik kanan dan pilih properties pada jenis webcam Anda di bawah Imaging devices. Pada jendela properties akan muncul rincian status webcam Anda. Jika pada tab general status webcam memiliki (code 45) atau (code 43) maka tenang, webcam Anda masih bagus.
  4. Untuk mengetahui informasi lainnya terutama Class ID (CLSID) driver webcam Anda, maka klik tab “Events” dan lihat pada kolom information (lihat gambar).
  5. Harap catat data pada kolom information ini karena setiap driver memiliki Class ID yang berbeda tergantung hardwarenya. 
  6. Jangan tutup dulu jendela properti ini, datanya akan dibutuhkan pada tahap selanjutnya.
Cara Memperbaiki Webcam Laptop Toshiba yang Mati
Memperbaiki Webcam Laptop yang Mati / Tak Terdeteksi

Reset Driver Webcam

Tahap berikutnya adalah mereset driver webcam. Jika kerusakan pada webcam laptop memiliki gejala sama persis seperti di atas maka kemungkinan besar webcam laptop masih bagus dan bisa diperbaiki dengan mereset port USB dan drivernya, caranya:
  1. Buka registry editor, tekan Start + R dan ketik “regedit”. (baca juga kumpulan daftar Run Command)
  2. Buka dan telusuri keyname berikut:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\Class
  3. Di bawahnya banyak sekali class guid, tapi Anda harus cari yang sesuai dengan driver webcam Anda. Untuk mempermudah mencarinya copy kode Class Guid dari properti device manager tadi (lihat gambar). Dan ingat kodenya tidak harus sama karena tergantung dari jenis webcam pada laptop bersangkutan. Paste pada kolom isian “Find what” dan tekan enter.
  4. Setelah ketemu, expand keynamenya dan klik pada keyname 0000.
  5. Buat DWORD baru dengan cara klik kanan – New – DWORD dan beri nama denganForceHCResetOnResume atau ForceHCResetOnRestart. Kalau perlu buat dua-duanya.
  6. Klik dua kali pada ForceHCResetOnResume atau Restart tadi dan masukan angka 1 pada Value Data dan klik OK.
  7. Kode CLSID webcam Anda juga ada di beberapa tempat lain di registry, jika perlu buat DWORD serupa dengan langkah yang sama di tempat lain itu (opsional).
  8. Restart komputer dan silahkan tes webcam Anda.
Cara ini sudah saya terapkan pada webcam laptop Toshiba L840 saya dan berjalan dengan baik. Jika webcam sudah kembali menyala maka silahkan dipakai secara normal. Ada kemungkinan webcam kembali tidak terdeteksi maka yang perlu dilakukan adalah merestart komputer lagi. Masalah lain yang berkaitan dengan Laptop Toshiba adalah stereo mix yang tidak berjalan pada windows 8

No comments: